Pesona Grojogan Klenting Kuning yang Mengagumkan

Pesona Grojogan Klenting Kuning yang Mengagumkan. Semarang memang selalu saja memiliki rekomendasi tempat berlibur yang mempesona. Salah satunya adalah grojogan klenting kuning ini. Tempat ini cukup dikenal oleh penduduk sekitar dengan cerita ande-ande lumut yang telah menjadi legenda sejak jaman dahulu. Wisata ini merupakan tempat yang menyuguhkan keindahan alamnya berupa air terjun. Pepohonan yang berada di tempat ini juga masih terlihat rindang dan hijau menampakkan keasrian yang memanjakan mata. Selain itu air yang terdapat di wisata ini juga jernih tanpa terlihat satupun sampah yang dapat mencemari lingkungan sekitar air terjun. Tebing dan bebatuan yang berwarna kuning ikut menghiasi air terjun dan menambah daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat ini.

Foto Grojogan Klenting Kuning

Inilah Beberapa Keunikan di Grojogan Klenting Kuning

  1. Legenda ande-ande lumut

Cerita ini memang cukup terkenal di kalangan penduduk sekitar grojogan klenting kuning. Sesuai namanya dahulunya tempat ini dipercaya sebagai tempat bertapa seorang gadis berparas cantik yang bernama dewi sekartaji atau yang sering dikenal dengan klenting kuning. Gadis inilah yang membuat seorang pangeran bernama ande-ande lumut jatuh cinta dan dipilih untuk menjadi pendampingnya. Hingga saat ini karena keindahan alamnya yang indah dan masih terjaga membuat tempat ini dibuka menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi setiap orang.

  1. Terdapat 3 air terjun lain

Selain itu grojogan klenting kuning juga memiliki tiga air terjun lain yang terletak tidak jauh dari tempat ini. Salah satu air terjun yang terkenal diantaranya adalah klenting biru. Tempat ini masih berada satu lokasi dengan klenting kuning. Sehingga tempat ini juga ramai oleh wisatawan khususnya pada saat hari libur. Pengunjung lebih dominan untuk datang adalah kalangan pelajar seperti SD yang ingin belajar tentang alam sekitar.

Baca juga: Umbul Sidomukti Bandungan Yang Mempesona

  1. Rute jalan

Untuk menuju wisata ini Anda akan melewati jalan setapak yang akan membawa hingga sampai ke Air terjun. Selama melewati jalan setapak ini pun Anda juga akan disuguhkan pemandangan alamnya yang indah dan masih terjaga. Hal itu bisa terlihat dari pepohonannya yang masih rimbun dan hijau di kanan kiri jalan setapak ini. Sehingga Anda tak perlu khawatir akan merasa panas karena terik matahari. Hal ini dikarenakan Anda akan merasa sejuk dengan udara segar yang dihasilkan dari pepohonan dan alam sekitar wisata ini,

  1. Warna air terjun

Grojogan klenting kuning ini juga memiliki keunikan yang membuat air terjun ini berbeda dari tempat wisata lainnya. Warna airnya yang cenderung kuning kehijauan bukan dikarenakan air kotor yang diakibatkan oleh sampah. Namun, air terjun ini memiliki kandungan belerang yang dapat mempengaruhi airnya berwarna seperti itu. Meskipun mengandung belerang, airnya tidak akan mengeluarkan bau belerang yang akan mengganggu kenyamanan setiap pengunjung yang datang.

  1. Alam sekitar

Keunikan yang terakhir dari tempat ini adalah keindahan alam sekitarnya yang mempesona. Hal ini didukung dengan letaknya yang berada di lereng gunung. Tentu saja pemandangan yang disuguhkan tak hanya pepohonan saja namun juga pemandangan perbukitan dan lahan persawahan warga yang berada di sekitar wisata ini.

Baca juga: tempat wisata candi gedong songo

Itulah beberapa keunikan yang terdapat pada grojogan klenting kuning. Keunikan itulah yang menjadi daya tarik dan membuat setiap orang ingin datang mengunjungi. Selain itu suasana tempat yang sunyi dan tenang juga akan membuat Anda merasa lebih rileks dan bisa mengistirahatkan pikiran sejenak dari sibuknya aktivitas keseharian. Tempat ini seperti surga tersembunyi yang cocok Anda datangi untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan bersama orang terdekat.