Wisata Hutan Mangrove Semarang yang Mulai Diminati

Hutan Mangrove Semarang adalah salah satu kawasan wisata di Kota Semarang yang menghadirkan edukasi tanaman mangrove dengan beberapa fasilitas wisata. Anda bisa menikmati keindahan laut dan rerimbunan tanaman mangrove yang terhampar luas di sana. Awalnya hutan mangrove merupakan upaya pemerhati lingkungan untuk mengurangi efek dari abrasi laut. Namun seiring dengan pertumbuhan tanaman mangrove, kawasan itu menjadi tempat wisata yang patut untuk dinikmati.

wisata hutan mangrove semarang

Fasilitas Hutan Mangrove Semarang

Karena terbilang masih baru, maka wajar jika tempat wisata ini belum banyak memiliki fasilitas sebagai tempat wisata. Tapi Hutan Mangrove Semarang memiliki beberapa fasilitas yang bisa dinikmati seperti toilet umum, musola, area parkir, gardu pandang, akses jembatan, gardu pandang, dan beberapa hal pendukung lainnya. Fasilitas yang menarik bagi para pengunjung adalah adanya gardu pandang yang bisa digunakan oleh pengunjung. Gardu ini memiliki tinggi 10 meter, jadi Anda bisa melihat seluruh kawasan hutan mangrove dari atas sana. Selain itu Anda juga bisa melihat pesawat yang akan terbang atau mendarat dari tempat tersebut.

 Lokasi Hutan Mangrove

Lokasi Hutan Mangrove Semarang bertempat di Pantai Maron, yang ditutupi dengan hamparan tanaman mangrove. Anda bisa langsung melihat tempat tersebut dari hutan mangrove yang rimbun di sebelah pantai. Anda bisa memulai perjalanan dari Bandara Ahmad Yani, Lalu mengarah ke bundaran dan akan sampai ke rel kereta api. Sebelum rel kereta api, akan ada penunjuk jalan yang bisa mengarah pada tempat wisata tersebut. Anda harus berhati-hati saat melewati jalan tersebut, hal ini disebabkan karena jalan tanah yang harus dilalui. Anda harus bersabar, karena jalan itu bergelombang serta berdebu, selain itu pada saat musim penghujan, jalan itu akan tergenang air. Maka dari itu, Anda harus mempersiapkan semuanya, karena jarak yang harus ditempuh sekitar 2 km.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke Wisata Hutan Mangrove Semarang, Anda ditarik tarif kendaraan oleh pengelola sebelum masuk ke area hutan mangrove. Kendaraan roda 2 dipatok harga Rp 5.000 per kendaraan, sedangkan untuk kendaraan roda empat dipatok harga Rp 10.000 per kendaraan. Dari sana, jarak yang ditempuh sekitar 1,5 km, menggunakan kendaraan sebelum mencapai pusat wisata. Setelah itu Anda akan ditarik tiket masuk sebelum masuk ke kawasan wisata. Harga tiket masuknya adalah Rp 7.000 per orang, jika Anda berminat untuk masuk ke dalam hutan mangrove tersebut. Harga tiket ini masih cukup murah dibanding dengan tempat wisata lain

 Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Anda bisa melakukan aktivitas fotografi dengan latar belakang keindahan dari hutan mangrove dan pantai Maron. Tempat ini sangat cocok untuk menjadi latar belakang dari foto-foto yang akan Anda ambil. Anda bisa juga bisa menyewa perahu kecil untuk pergi ke hutan mangrove di dekat Pantai Tiram. Di sana Anda bisa menanam mangrove sebagai cikal bakal hutan mangrove yang ada di pantai itu. Selain itu Anda bisa berburu foto di dalam hutan mangrove ditemani oleh latar belakang pesawat terbang yang melintas sekitar setengah jam sekali.

Wisata lain disemarang: Pesona Pagoda Semarang di Areal Komplek Vihara Buddhagaya

Hutan Mangrove Semarang, menawarkan pemandangan yang cukup indah bagi Anda yang suka berfoto dan mengabadikan gambar. Di tempat ini Anda bisa menemukan latar belakang alam hutan mangrove yang rimbun dan asri dari berbagai sudut. Tempat wisata ini juga akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan mangrove yang sudah ditanam pada beberapa titik. Bukan tidak mungkin jika tempat ini akan menjadi wisata edukasi terbesar di Semarang.